Penantian Panjang Selama 14 Tahun, Kota Bagansiapiapi Raih Piala Adipura 2023

Riau, Rohil413 Views

Rokan Hilir – Pawai arak-arakan piala Adipura menjadi magnet bagi ribuan warga Bagansiapiapi dan seluruh petugas kebersihan untuk merayakan kategori kota kecil terbersih tahun 2023. Pawai dengan deretan becak hias berderet rapi disusul dengan rombongan Marching Band dan mobil kreatifitas hasil daur ulang sampah berbentuk miniatur mesjid dari botol plastik bekas karya sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 1 Bangko.

Di belakang mereka, mobil hias yang membawa piala Adipura 2023 dan sertifikat juara 1 kota terbersih se-Provinsi Riau 2022 bergerak perlahan, menjadi pusat perhatian semua mata. Tidak ketinggalan, Group Rebana Nazifah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir ikut memeriahkan suasana pawai serta kelompok Barongsai dari Sehati Bagansiapiapi dan Reog Ponorogo menampilkan atraksi budaya yang menghibur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suwandi dalam sambutannya mengucapkan syukur karena tahun 2023 ini, Rohil berhasil meraih Adipura untuk kategori kota kecil terbersih. Menurutnya, semua ini adalah hasil kerja keras kita semua dan harus dipertahankan.

Tempat sama, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong memberikan apresiasi kepada seluruh petugas kebersihan yang telah bertungkus lumus membuat kota Bagansiapiapi menjadi kota bersih walaupun mereka digaji tidak seberapa. Dirinya mengungkapkan, seluruh petugas melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab dan sepenuh hati sehingga prestasi yang luar biasa ini layak di sematkan buat mereka.

” Semoga menjadi amal ibadah kita semua dan mari kita jaga kekompakan karena saat saat seperti sudah kita tunggu 14 tahun lamanya. Saya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk menjaga lingkungan mengingat daerah kita rawan banjir,” pinta Bupati dihadapan para warga didepan kantor BPKAD, Kamis (27/06/2024).

Pawai mengarak piala Adipura kategori kota kecil terbersih tahun 2023 dengan upaya yang telah dilakukan untuk menjadi kota bersih sehat dan nyaman berbuah hasil berupa apresiasi dari pemerintah pusat melalui kementerian LHK dan pemerintah Provinsi Riau.

Piala Adipura diterima dari Kementerian LHK yang langsung diserahkan wakil Mentri lingkungan Hidup dan kehutanan pada tanggal 5 Maret 2024 kemarin, digedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK di Jakarta. Penghargaan merupakan penghargaan yang sangat didambakan dan ditunggu sejak piala Adipura yang diraih pertama kali pada tahun 2009 yang lalu.

Pada tahun yang sama 2023, Rohil juga berhasil meraih sertifikat adipura dari Kementerian LHK dan piala dan sertifikat juara 1 terbersih Provinsi Riau tahun 2022

Bupati mengingatkan bahwa menjaga kebersihan bukan hanya tugas petugas kebersihan, tetapi tanggung jawab setiap warga. Dan pawai ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga refleksi dari dedikasi dan kerja keras seluruh warga Bagansiapiapi.

“Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, kota ini berharap dapat mempertahankan prestasi Adipura dan terus menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia,” kata Bupati (Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *