Ketua DPRD Rohil Hadiri Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun 2024

Legislatif, Rohil243 Views

Rokan Hilir – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024 dengan Tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, digelar Pemerintah dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, SH, di halaman kantor BPKAD, Senin (20/5/24) di Bagansiapiapi.

Sementara Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP bertindak sebagai inspektur juga menyampaikan
amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Edward Ridwan

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan hari-hari ini kita dihadapkan suatu yang realitas terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat.

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih dari pada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial akan sangat menentukan langkah dalam mewujudkan itu semua,” katanya.

Ia menerangkan, lebih dari seabad lalu, tepat 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah kelak menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Bupati meneruskan Organisasi Boedi Oetomo, bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggap sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda. Bahkan Van Deventer  seorang tokoh Politik Etis Belanda, menyatakan: “Sesuatu yang ajaib sedang terjadi, Insulinde molek yang sedang tidur, sudah terbangun”.

“Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti penting pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” terangnya.

Sementara itu ketua DPRD Rohil Maston mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 116 tahun 2024,”mari jadikan Harkitnas tahun ini sebagai wujud kebangkitan semangat para generasi muda untuk membangun daerah bangsa dan negara,” harapnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *