Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA

Riau207 Views

Foto: ANTARA

Pekanbaru – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau kembali menorehkan prestasi yang gemilang. Kali ini Kanwil Kemenkumham Riau berhasil meriah dua penghargaan sekaligus, yaitu peringkat pertama Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Kategori Pagu Besar dan Peringkat Kedua Realisasi Anggaran Tahun Anggaran 2023 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara, Ade Musvira yang diserahkan oleh Kepala Biro Keuangan, Wisnu Nugroho Dewanto pada acara Monitoring dan Evaluasi serta Penyerahan Penghargaan Atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023, Rabu (22/2) di Jakarta.

IKPA adalah indikator untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga. TA 2022 Kanwil Riau memperoleh IKPA sebesar 94,88 dan pada TA 2023 mengalami peningkatan drastis menjadi 98,59 sehingga memperoleh Penghargaan Peringkat Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023 Kategori Pagu Besar dari Menteri Hukum dan HAM RI. Sedangkan realisasi Kanwil Riau TA 2022 sebesar 98,30% dan pada tahun 2023 Kanwil Riau berhasil meningkatkan  realisasi sebesar menjadi 99,77%.  Untuk realisasi, Kanwil Kemenkumham Riau berhasil menduduki Peringkat Kedua dari 33 Kantor Wilayah se-Indonesia.

Mendengar kabar baik ini, Budi Argap Situngkir menyampaikan bahwa prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi jajaran Kanwil Kemenkumham Riau dalam melaksanakan anggaran dengan efektif, efisien dan akuntabel.

“Prestasi ini merupakan bukti nyata komitmen Kanwil Kemenkumham Riau dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terimakasih kepada pengelola keuangan yang telah bekerja keras sehingga berhasil meraih prestasi ini,” ujar Budi Argap.

 “Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pengelola anggaran yang telah berupaya meningkatkan nilai IKPA pada tahun 2023, ini dapat dilihat dari nilai IKPA mengalami peningkatan. Diharapkan dapat melakukan langkah – langkah strategis sehingga dapat meningkatkan capaian nilai IKPA sehingga nilai IKPA pada tahun berikutnya lebih baik lagi,” ujar Kepala biro keuangan, Wisnu Nugroho Dewanto dalam sambutannya. (ANTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *