Banjir Belum Surut, BRK Syariah Kirim Bantuan 200 Paket Sembako Kepada Korban Banjir di Rohil

Rohil – Selain menerima bantuan sembako dari Bank Riau Kepri Syariah cabang Bagansiapiapi sebanyak 200 paket, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengungkapkan, bantuan juga mengalir dari Pemkab dan seluruh unsur Forkopimda sejak bencana banjir terjadi dibeberapa pelosok daerah.

Upaya bersama ini menjadi langkah konkret dalam memberikan dukungan kepada warga yang terdampak, serta menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) dan aparat keamanan untuk turut serta dalam penanggulangan dan pemulihan dampak bencana ini.

” Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan bantuan yang maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan, sekaligus mempercepat proses pemulihan dan kembali normalnya kehidupan warga di wilayah terdampak banjir,” kata Bupati, Jumat (12/1/2024) di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Dikatakan Bupati, kebutuhan yang sangat mendesak saat dirinya berdialog dengan warga terdampak banjir adalah bantuan peralatan, seperti perahu karet dan sampan. Peralatan ini dianggap sangat krusial untuk membantu proses evakuasi dan penyelamatan warga, terutama mengingat beberapa wilayah yang masih terendam air dengan ketinggian yang cukup signifikan.

” Kami berharap perusahaan lain juga harus cepat tanggap atas musibah alam untuk memberikan kontribusi dalam bentuk peralatan ini. Karena ada jalan lintas pesisir dari Bagansiapiapi menuju Kubu dan jalan di Kecamatan Sinaboi tak bisa diakses akibat Banjir,” ujarnya.

Menanggapi bantuan yang diberikan BRK Syariah, Bupati mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bank Riau Kepri Syariah dan hendaknya diikuti dengan upaya serupa dari perusahaan-perusahaan lainnya di Kabupaten Rokan Hilir. Bupati juga menegaskan pentingnya sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di tengah kondisi darurat.

“Terimakasih atas kepedulian Bank Riau Kepri Syariah kepada masyarakat yang terdampak banjir ini. Kami juga berharap perusahaan lainnya di Rohil juga cepat tanggap atas musibah alam ini,” ujar Bupati.

Sementara itu, Branch Manager PT Bank Riau Kepri Syariah cabang Bagansiapiapi  Arrizal Saputra mengatakan,  musim hujan yang melanda wilayah Riau dan sekitarnya menyebabkan sejumlah daerah mengalami musibah banjir. Demikian juga yang terjadi di wilayah Kabupaten Rohil. Menanggapi musibah alam ini, BRK Syariah melalui program Dana Bantuan Masyarakat (Dabamas) menyalurkan bantuan untuk korban yang terdampak musibah banjir.

“Kami (BRK Syariah) turut prihatin dengan warga yang terdampak banjir ini. Sama halnya dengan yang sudah berlangsung di beberapa daerah lainnya, BRK Syariah Cabang Bagansiapiapi juga menyalurkan bantuan paket sembako untuk masyarakat korban banjir ini. Semoga bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban keluarga korban banjir,” kata Arrizal Saputra.

Dari data yang dihimpun BRK Syariah, ada sembilan kecamatan di Rohil terkena dampak banjir khususnya wilayah yang dialiri Sungai Rokan serta adanya kiriman air dari Hulu Sungai Rokan. Mulai dari Kecamatan Tanjung Medan, Pujud, Tanah Putih dan Rantau Kopar terendam banjir. Tercatat ada 14 ribu Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampaknya.

Banjirnya sudah ada merendam dengan ketinggian separuh rumah warga. Bahkan sebagian warga memilih mengungsi ke Duri selama air belum surut. Ditambah lagi akibat tingginya curah hujan menyebabkan beberapa ruas jalan di Rohil terputus. Seperti jalan yang baru dibangun menuju Rantau Kopar. (Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *