Disdikbud Rohil Gelar Pelatihan Tari Sapin Bagan dan Tari Inai Pinggan Dua Belas

Pendidikan, Rohil242 Views

Rokan Hilir – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau menggelar pelatihan tari tradisional Sapin Bagan dan Tari Inai Pinggan Dua Belas, yang dilaksanakan di Grand Hotel Bagansiapiapi, Jumat (8/12/2023).

Pelatihan tari tradisional yang diikuti sebanyak 40 peserta dari 8 kecamatan itu dibuka secara resmi oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Rohil Syamsul Bahri, S.Pd, M.Pd.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Rohil Syamsul Bahri mengatakan, kegiatan pelatihan tari tradisional tari sapin dan tari inai pinggan dua belas ini dilaksanakan karena tari ini merupakan sudah warisan budaya tak benda indonesia, yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Jadi sebagai tanggungjawab kita dari pemerintah daerah demi memajukan kebudayaan, maka kesempatan kali ini kami melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud dari kepedulian kami terhadap warisan budaya tak benda. Dan berharap ke depannya kebudayaan ini tidak lemah ditelan oleh zaman seiring dengan perkembangan zaman saat ini anak-anak muda kita sekarang sudah hampir melupakan budaya indonesia, khususnya budaya melayu Rokan Hilir ini,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kembali guru-guru seni dan berharap kepada mereka bisa kembali menggiatkan budaya yang ada di Rohil ini, salah satunya kegiatan tari inai dua belas dan tari sapin bagan.

“Harapan kita ke depan guru-guru yang mengikuti pelatihan ini minimal dapat memberikan gerak dasar kedua dari tarian ini kepada anak-anak kita di sekolah, sehingga anak-anak bisa membedakan kedua tarian tersebut,” demikian Syamsul Bahri. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *