Rokan Hilir Raih Sertifikat Adipura dari KLHK

Riau2295 Views

ROKAN HILIR – Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau berhasil meraih Sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penyerahan Sertifikat Adipura tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2023 di Auditorium gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil Suwandi S.Sos, Kamis (23/2/2023) kemarin.

“Alhamdulillah, Bagansiapiapi sebagai ibukota Kabupaten Rokan Hilir mendapat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka penyerahan Sertifikat Adipura Tahun 2022. Dan ini patut disyukuri, bahwasannya kita memang sudah lebih kurang 14 tahun mengidamkan Bagansiapiapi bisa masuk nominasi dan meraih Adipura sejak Tahun 2009, baru inilah kita mendapat Adipura kembali,” ujar Suwandi.

“Jadi ini suatu kebanggaan bagi pemerintah daerah, bagi pak Bupati kita dimasa kepemimpinannya pak Afrizal Sintong sebagai Bupati, dan H Sulaiman sebagai Wakil Bupati, sehingga kini Bagansiapiapi bisa kembali meraih Sertifikat Adipura,” tambahnya.

Ia mengatakan, meskipun hanya sertifikat, tapi ini suatu penghargaan yang cukup luar biasa, karena memang sistem penilaian Adipura beberapa tahun belakangan ini sudah mengalami perubahan, sehingga memang tahapan-tahapannya pada saat penilaian ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi termasuk Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah (Jakstrada), kemudian keberhasilan kemarin dalam meraih predikat Juara l kota terbersih se- Provinsi Riau, itulah masuk kriterianya.

“Insya Allah dengan adanya penghargaan ini kiranya bisa memicu semangat kita untuk ke depannya, yang semula hanya mendapat sertifikat, untuk tahun-tahun kedepannya bisa kita tingkatkan meraih piala Adipuranya,” ujarnya.

Sebelumnya kemarin lanjut Suwandi, dia sudah sampaikan kepada pengawas masing-masing, bahwasanya ini adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui kementerian yang mana Rohil termasuk salah satu kabupaten/kota se Indonesia yang berhasil mengelola lingkungan dengan baik, sehingga ini langsung maupun tidak langsung nanti akan meningkatkan kinerja kedepannya.

Disamping itu, dia juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa OPD yang telah membantu dan mendukung pada saat penilaian Adipura, seperti Dinas Perhubungan dengan terminalnya, Disperindag dengan pasarnya, PU, RSUD dan sebagainya.

“Ini kerjasama semua dan ini adalah keberhasilan pemerintah daerah, keberhasilan pak Bupati Afrizal Sintong dan pak Wakil Bupati H Sulaiman dalam pengelolaan lingkungan di Kabupaten Rokan Hilir,” tutupnya. (fml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *